Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pulau Hantu Di Jepang

Gunkanjima

Gunkanjima adalah salah satu pulau berhantu yang terkenal di Jepang. Nama Gunkanjima Diambil dari kata gunkan yang artinya "kapal perang" dan shima yang berarti "pulau", jika digabungkan, Gunkajima memiliki arti pulau kapal perang. Karena bentuk pulau ini terlihat seperti kapal perang dari kejauhan 

Dahulu pulau ini sangat ramai penduduknya namun sejak pertambangan ditutup Tahun 1974 pulau ini seperti mati karena ditinggal semua penduduknya. Pulau ini sempat mencapai populasi 5259 penduduk dengan bangunan yang superkokoh pada Tahun 1959. Pulau yang dibeli mitsubishi sebagai pertambangan batubara ini menjadi destinasi terpadat tahun itu. Namun sejak tahun 1960an semenjak ditemukannya minyak bumi dan pertambangan pun mulai terpuruk. Sejak itulah banyak sekali Penduduknya meninggalkan pulau ini, lambat laun makin habis penduduknya dan tepat di tahun 1974 pulau ini tak berpenghuni dan menjadi pulau hantu yang mengerikan.


Pulau sunyi dengan hamparan bangunan tua dan rusak tersebut telah dijadikan objek wisata di Jepang karena banyak orang yang penasaran dengan mitos pulau hantu, yang dibuka dan diberi izin untuk dikunjungi pada 22 April 2009. Pariwisata di Pulau Gunkanjima tidaklah tertuju pada panorama alam yang indah dan menakjubkan, namun karena mitos pulau berhantu yang mistis dan menakutkan. 

Pulau ini kembali tenar sejak unesco mengakuinya. Pulau ini juga digunakan oleh perfilman internasional untuk syuting film james bond SKYFALL sebagai markas Raoul SIlva Sang Hacker mantan Agen 007. Kini pulau Gunkanjima sudah banyak dikenal, sebagai pulau tak berpenghuni yang misterius.